9 tips untuk Calon Penulis Freelance


Setiap minggu saya menerima beberapa email dari orang-orang yang mencari saran tentang cara masuk ke copywriter lepas. Meskipun tidak ada jawaban sederhana, dan tidak ada jawaban yang berlaku untuk semua orang, ada beberapa tips yang saya percaya akan membantu kebanyakan orang beralih ke copywriting lepas, dan bertahan setidaknya beberapa bulan pertama.

1) Investasikan dalam sebuah situs web


Tempat terbaik untuk memulai copywriter iklan freelance atau copywriter situs web adalah dengan membayar untuk sebuah situs web. Sebuah situs web sangat berharga karena ketika Anda menelepon prospek dan prospek email, Anda harus mengarahkan mereka ke suatu tempat yang memberi mereka lebih banyak informasi. Sederhanakan situs web Anda, sertakan halaman portofolio, tambahkan sampel apa pun dari segala jenis copywriting yang telah Anda lakukan, bicarakan tentang tempat Anda bekerja, klien yang Anda tuju, dan sertakan testimonial apa pun yang telah Anda terima. Pastikan Anda memasukkan alamat dan detail kontak Anda juga, jadi orang-orang tidak berpikir Anda operasi terbang-demi-malam. Tentu saja, tidak ada salahnya untuk memasukkan foto juga. Jika Anda tidak bisa mengatakan banyak tentang pengalaman Anda, jangan banyak bicara. Bahkan tidak masalah jika Anda tidak mengatakan apa-apa. Ingat, sama seperti bentuk lain dari copywriting iklan, menulis tentang diri Anda membutuhkan seni kehalusan. Jika Anda kurang pengalaman, tetapi Anda yakin dapat melakukan pekerjaan itu, Anda bisa menjadi sangat pandai dalam apa yang tidak Anda katakan, dan kebanyakan orang akan membacanya seperti yang Anda inginkan.

2) Jangan target agen


Jika Anda belum pernah bekerja sebagai copywriter iklan atau copywriter situs web sebelumnya, jangan menargetkan biro iklan dan biro desain web. Mereka tahu persis apa yang mereka cari, jadi jika Anda tidak memiliki portofolio, Anda tidak akan punya peluang. Mengelola copywriter yang tidak berpengalaman dan mengendalikan kualitas membutuhkan banyak waktu dan menimbulkan risiko. Sebagian besar agensi terlalu sibuk untuk memberikan kesempatan bagi copywriter yang tidak terbukti, bahkan jika Anda siap untuk mengerjakan pekerjaan pada spec. Targetkan klien akhir secara langsung.

3) Panggilan dingin, panggilan dingin, panggilan dingin


Salah satu cara terbaik untuk menghasilkan bisnis di masa-masa awal adalah dengan memanggil pelanggan potensial. Ini kerja keras dan sangat memakan waktu, tetapi Anda dapat menghasilkan beberapa arahan yang sangat berkualitas.


4) Gunakan database kontak & pekerjaan


Di mana pun Anda berada dalam karier copywriter lepas, Anda MEMBUTUHKAN basis data kontak dan pekerjaan. Jenis alat CRM (Customer Relationship Management) yang diperkecil. Gunakan untuk merekam semuanya! Terutama nama, nomor telepon, dan detail korespondensi (terutama panggilan telepon).

5) Tulis beberapa sampel


Jika Anda menargetkan klien atau industri tertentu, jangan takut untuk menulis beberapa sampel dan mengirimkannya. Anda dapat menawarkan potongan-potongan gratis (semua orang suka sesuatu tanpa biaya) atau dengan diskon, atau Anda dapat menggunakannya sebagai insentif untuk mendaftar mereka untuk pekerjaan di masa depan. Itu semua tergantung pada jenis pekerjaan dan jenis klien. Yang penting untuk diingat adalah bahwa sampel hampir sebaik portofolio bagi sebagian besar calon klien.

6) Investasikan dalam paket akun


Jangan tertipu dengan berpikir Anda dapat menangani akun Anda secara manual (atau dengan Microsoft Excel). Bahkan jika Anda hanya memiliki sedikit klien, Anda MEMBUTUHKAN paket akun yang tepat seperti MYOB atau Quicken (keduanya menawarkan versi bisnis kecil). Anda akan mengerti mengapa pertama kali Anda melakukan laporan GST atau pajak tahunan Anda. Bahkan, Anda akan mengerti mengapa setiap kali Anda harus mengejar faktur yang beredar

7) Berikan layanan hebat


Ini mungkin tampak seperti yang sudah jelas, tetapi penting untuk diingat bahwa layanan hebat berarti hal yang berbeda untuk klien yang berbeda. Sebagian besar waktu Anda akan bekerja dengan klien langsung (cukup sering memulai bisnis) dan agensi. Keduanya menghargai layanan hebat, tetapi mendefinisikannya sepenuhnya berbeda. Agen mengandalkan copywriter lepas mereka untuk memenuhi persyaratan ketat (menyelesaikan pekerjaan dengan baik, menyelesaikannya tepat waktu, jangan melebihi anggaran). Mereka memiliki klien akhir yang bernafas lega, sehingga keandalan sama pentingnya dengan kualitas tulisan. Klien akhir, di sisi lain, membutuhkan copywriter iklan atau copywriter situs web yang melihat bisnis mereka seperti yang mereka lakukan, dan dapat menyampaikan visi itu. Mereka mungkin akan membutuhkan banyak bimbingan juga, terutama jika mereka baru memulai sendiri. Jika Anda bisa, bantu mereka memahami bahwa copywriting bukan hanya memberi tahu orang-orang tentang produk dan layanan yang ditawarkan bisnis; ini tentang menyampaikan manfaat dari produk dan layanan tersebut. Seorang copywriter iklan atau copywriter situs web yang baik akan dapat membantu klien mereka berpikir dalam hal manfaat daripada produk dan layanan.

8) Mengharapkan masa-masa sulit


Tahun pertama atau dua sebagai copywriter iklan lepas atau copywriter situs web akan sulit. Butuh beberapa saat untuk menghasilkan momentum dan selama waktu itu, Anda mungkin akan bertanya-tanya apakah Anda telah membuat pilihan karier yang tepat. Meskipun dimungkinkan untuk menghasilkan enam angka setiap tahun, Anda harus bersabar (jadi tidak ideal untuk orang tua baru atau yang akan datang atau siapa pun dengan komitmen hipotek yang besar).

0 Response to "9 tips untuk Calon Penulis Freelance"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel